Menampilkan format tanggal dd/mm/yyyy

Format date di mysql secara default menggunakan aturan yyyy/mm/dd. Apabila kita ingin menampilkan tanggal dengan format di Indonesia seperti dd/mm/yyyy menggunakan dreamweaver sebagai editor php maka scriptnya adalah

<?php echo date(‘d/m/Y’, strtotime($row_recordset[‘kolom_tanggal’])); ?>

Format penanggalan bisa diubah misal d-m-Y, atau d saja, m saja, Y saja tergantung kebutuhan

Iklan

Instalasi Fireworks CS 4 di Windows Vista

Instalasi Fireworks CS4 juga menjadi masalah tersendiri di Windows Vista, yaitu munculnya perintah “please insert CD installation …blah..blah..” Dari hasil surfing (lupa mencatat alamatnya) ketemu pemecahan permasalahan dan mudah-mudahan berguna bagi rekan-rekan. Caranya

  1. Buka command prompt sebagai Administrator, caranya klik kanan icon command prompt dan klik menu Run as Administrator
  2. Arahkan ke direktori \windows\system32
  3. Ketikkan : ‘regsvr32 jscript.dll’ (tanpa tanda petik, antara regsvr32 dan jscript.dll ada spasinya) kemudian¬† di “run”
  4. Jalankan setup instalasi seperti biasa. Sudah pernah saya coba pas pake Vista dan berhasil

Permasalahan instalasi Fireworks CS4

Beberapa waktu yang lalu aku mengalami kesulitan instalasi Adobe Fireworks CS4 dari DVD (dalam sistem operasi Windows XP) setelah inisiasi proses install muncul perintah untuk memasukkan CD instalasi. “..Please insert your installation CD…blah..blah..”. Aku coba beberapa kali ternyata masih muncul juga. Coba googling ternyata kebanyakan mengalami masalah instalasi yang sama pada produk dari Adobe CS4, tetapi tidak pada CS3. Sempat frustasi dikit sih, tapi dengan berbekal pantang mundur untuk googling ternyata ketemu solusi yang relatif simpel.
Solusi : Ikuti tahapannya secara berurutan
1. Masuk ke windows/system32/drivers/etc dan buka file hosts menggunakan notepad, notepad++(aku suka program yg ini) atau editor text lainnya.
2. Ganti baris 127.0.0.1 localhost menjadi 127.0.0.1 activate.adobe.com kemudian save
3. Kopikan instalasi Firewors CS 4 ke direktori selain drive C misal ke drive D, E dsb
4. Jalankan perintah instalasi dari hasil kopian tadi sepeti biasa

Screenshoot Fireworks CS34

Untuk problem instalasi Fireworks CS4 di windows Vista aga sedikit berbeda solusinya. Buka catatan dikompie-ku dulu……

Ki Hadisugito

Dhalang Ki Hadisugito Alm merupakan dhalang faforitku sejak dulu. Ngga mboseni sih, masing-masing karakter digambarkan secara menarik. Cuman sedihnya jarang sekali ada file mp3 baik di website maupun di penjual CD pinggir jalan. Setelah kesana kemari akhirnya ada website yang aku usulkan untuk dirujuk yaitu bornjavanese.blogspot.com. Senangnya…terima kasih buat Kan kandar yang telah meluangkan waktunya. Perburuan tidak berhenti sampai disitu. Kebetulan beberapa waktu yang lalu pas ada hajatan di rumah ibu mertua, kebetulan petugas sound system memutar wayang Ki Hadisugito. Aku tanya apakah pake kaset atau pake mp3, ternyata mp3! Senengnya…langsung aku minta ijin ngopi. Jadinhya sekarang aku punya koleksi dari Kang Kandar ditambah koleksi dari hajatan tersebut yaitu Gatutkaca kembar, Antasena Ngraman dan Narayana Rabi. Ntar deh kalo pas agak longgar aku upload.

Angciu (sering disebut dengan angcu)

Banyak sekali posting artikel yang berkaitan dengan status haram dari angciu. Lebih parah lagi ternyata banyak dari masyarakat kita yang belum/tidak mengetahui tentang angciu. Beberapa hari yang lalu saya menyempatkan mampir jajan di warung tenda pinggir jalan di daerah Jalan Kaliurang. Saya memesan menu masakan cina seperti capcay dan paklay.
Kebetulan pas proses masak saya lihat cara masak plus bumbu yang dipakai. Dari beberapa bumbu yang saya identifikasi waktu itu ada minyak sayur, kecap ikan dan satu botol yang tidak jelas (ada gambar gentong). Seingat saya, saya pernah lihat botol seperti itu di supermarket namanya angciu (arak merah cina). Setelah membayar saya sempatkan untuk tanya ke penjual tentang botol tadi. Penjual menjawab bahwa botol tersebut adalah arak cina. Penjual menjawab itu dipakai sebagai penyedap saja. Kontan saja saya kaget, karena selama ini saya tidak tahu kalau makanan yang sering saya beli ada konten haramnya, sekaligus kaget juga ternyata penjual tersebut menganggap itu hanyalah sebagai penyedap masakan biasa layaknya MSG. Leboh memprihatinkan lagi adalah banyak pembeli yang mayoritas muslim tidak “ngeh” dengan angciu ini.
Untuk itu saya berpesan sebelum membeli makanan pastikan dulu bumbu yang dipakai. Apabila dalam menu makanan tersebut mengandung bumbu yang mencurigakan mendingan gak usah makan di situ deh. Percuma saja meskipun pesan dengan menu yang halal, tapi kalau tempat masak cuman satu dan dipakai untuk bermacam-macam masakan ya sama saja.